BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Masalah
Kerja guru merupakan kumpulan dari berbagai tugas untuk mencapai tujuan pendidikan. Kepuasan dalam menjalankan tugas merupakan aspek penting bagi kinerja atau produktivitas seseorang, ini disebabkan sebagian besar waktu guru digunakan untuk bekerja. Pada umumnya pekerjaan guru dibagi dua yakni pekerjaan yang berhubungan dengan tugas-tugas mengajar, mendidik dan tugas-tugas kemasyarakatan (sosial). Di lingkungan sekolah, guru mengemban tugas sebagai pengajar dan pendidik. Sebagai pengajar, guru memberikan pengetahuan (kognitif), sikap dan nilai (afektif), dan keterampilan (psikomotorik). Guru memiliki tugas dan tanggung jawab moral yang besar terhadap keberhasilan siswa, namun demikian guru bukanlah satu-satunya faktor penunjang keberhasilan siswa. Faktor lain yang tidak kalah penting adalah faktor perangkat kurikulum, faktor siswa sendiri, faktor dukungan masyarakat, dan faktor orang tua, sementara sebagai pendidik, guru harus mendidik para siswanya untuk menjadi manusia dewasa.
Guru dituntut untuk bekerja dengan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada pemakai sekolah seperti siswa, orang tua, dan masyarakat. Ini mengandung arti bahwa semua kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru dapat dinilai berdasarkan kriteria tertentu guna menentukan angka kredit sebagai salah satu syarat dalam pengangkatan pangkat atau jabatan.
Sekarang ini, penerapan komputer untuk membantu mengerjakan tugas-tugas manusia sudah mencakup bidang yang sangat luas. Hal ini terlihat mulai dari bidang industri, instansi pemerintah, organisasi sosial, hingga kehidupan rumah tangga, semuanya sudah tersentuh dan terus memerlukan sentuhan teknologi komputer. Dengan bantuan komputer hidup manusia menjadi lebih mudah dan efektif.
Di setiap perusahaan ataupun instansi pasti terdapat berbagai macam kegiatan, di mana antara kegiatan yang satu dengan yang lainnya saling berhubungan yang biasa disebut dengan sistem yang sedang berjalan dalam suatu instansi. Melihat saling keterkaitannya kegiatan tersebut, maka disetiap instansi harus ada pengolahan sistem informasi yang terintegrasi dengan baik.
Dinas Pendidikan dan Pengajaran kota Yogyakarta merupakan instansi pemerintah yang melayani masyarakat umum khususnya dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang beralamat di jl. Hayam Wuruk no.11 Yogyakarta. Dalam hal pengolahan data angka kredit guru, Dinas Pendidikan dan Pengajaran kota Yogyakarta masih melakukan semua pengolahan data angka kredit guru secara manual sehingga membutuhkan waktu yang lama dan keakurasian dari hasil pengolahan data angka kredit guru kurang bisa dipertanggungjawabkan. Itu bisa dimaklumi karena daya kerja manusia dapat menurun dan sangat mudah membuat kesalahan. Sehubungan dengan hal tersebut, demi meningkatkan kualitas pengolahan data angka kredit guru, perlu adanya pengembangan sistem yang sudah berjalan menjadi “Sistem Informasi Angka Kredit Guru berbasis Multi User” yang dapat memberikan manfaat dan efisiensi kerja, ketelitian dan kecermatan pengolahan data angka kredit guru serta dapat menekan atau meminimalisasi timbulnya kesalahan akibat kurangnya ketelitian.
B.Identifikasi Masalah
Dari uraian latar belakang masalah diatas, maka dapat dikemukakan beberapa identifikasi masalah yang antara lain :
1.Tidak setiap guru bisa mengusulkan kenaikan pangkat atau jabatan dalam setiap periode, karena banyaknya unsur-unsur penilaian angka kredit guru yang harus dipenuhi untuk jenjang pangkat atau jabatan berikutnya.
2.Terbatasnya waktu dan jumlah pegawai bagian kepegawaian Dinas Pendidikan dan Pengajaran kota Yogyakarta yang mengelola data-data angka kredit guru sehingga diperlukan sistem informasi angka kredit guru yang bisa memberikan solusi kapan saja tanpa terbatas waktu.
3.Banyaknya unsur-unsur penilaian angka kredit guru yang harus dinilai oleh tim penilai, menyebabkan sering terjadinya kesalahan-kesalahan dalam penilaian angka kredit guru.
C.Batasan Masalah
Permasalahan yang dibahas pada tugas akhir ini adalah tentang angka kredit guru yang meliputi :
1. Data yang diolah adalah data angka kredit guru yang ada pada Dinas Pendidikan dan Pengajaran kota Yogyakarta yang digunakan untuk pengangkatan dan kenaikan pangkat dalam jabatan pengajar.
2.Unsur angka kredit yang dinilai yaitu pendidikan, proses belajar mengajar atau bimbingan, pengembangan profesi dan unsur penunjang proses belajar mengajar atau bimbingan.
3.User yang dimaksud yaitu guru, pegawai bagian kepegawaian yang mengelola data angka kredit guru, tim penilai yang menilai usulan angka kredit dari guru dan kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran kota Yogyakarta yang menetapkan angka kredit guru berdasarkan hasil penilaian dari tim penilai.
D.Rumusan Masalah
Berdasarkan pada batasan masalah tersebut di atas, maka dapat dirumuskan rumusan masalah sebagai berikut : “Bagaimana membuat sistem informasi angka kredit guru berbasis multi user pada Dinas Pendidikan dan Pengajaran kota Yogyakarta dengan baik sebagai solusi dari masalah pengelolaan data angka kredit guru”.
E.Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah :
1.Menghasilkan program aplikasi sistem informasi angka kredit guru berbasis multi user dengan menggunakan Delphi 7.0.
2.Sebagai Tugas Akhir akdemis untuk memenuhi syarat wisuda.
3.Menerapkan ilmu pengetahuan yang telah didapat selama kuliah.
4.Mengetahui tentang bagaimana teknis pemberian angka kredit bagi guru.
5.Mengetahui tentang organisasi dan tata kerja mekanisme dan prosedur atau sistem pengelolaan data angka kredit guru pada Dinas Pendidikan dan Pengajaran kota Yogyakarta.
6.Membantu dan mempermudah pengelolaan data angka kredit guru pada Dinas Pendidikan dan Pengajaran kota Yogyakarta.
F.Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian adalah sebagai berikut :
1.Instansi terkait (Dinas Pendidikan dan Pengajaran kota Yogyakarta)
a.Dapat mengetahui sejauh mana kemampuan mahasiswa dalam menyerap ilmu yang telah didapat selama kuliah.
b.Dapat meningkatkan kinerja Dinas Pendidikan dan Pengajaran kota Yogyakarta dalam pengelolaan data angka kredit guru.
2.Bagi Masyarakat
Laporan ini dapat digunakan sebagai acuan pembelajaran suatu kasus bagi pengguna komputer yang ingin mengenal dan memperdalam pemograman Delphi.
3.Bagi Ilmu pengetahuan dan teknologi
a.Merupakan suatu bukti nyata bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berubah dan berkembang seiring dengan kemajuan jaman.
b.Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu di bidang informatika.
c.Menambah kepustakaan di bidang informatika.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment